Commerce Services Providers (CSP), pengertian umumnya adalah : Perusahaan yang khusus menyediakan layanan berbasis web yang aman untuk e-commerce atau digital storefronts untuk bisnis lain.
Perkembangan e-commerce di Indonesia sendiri telah ada sejak tahun 1996, dengan berdirinya Dyviacom Intrabumi atau D-Net (www.dnet.net.id) sebagai perintis transaksi online. Wahana transaksi berupa mal online yang disebut D-Mall (diakses lewat D-Net) ini telah menampung sekitar 33 toko online/merchant. Produk yang dijual bermacam-macam, mulai dari makanan, aksesori, pakaian, produk perkantoran sampai furniture.
Selain itu, berdiri pula http://www.ecommerce-indonesia.com/, tempat penjualan online berbasis internet yang memiliki fasilitas lengkap seperti adanya bagian depan toko (storefront) dan shopping cart (keranjang belanja).
Kekurangan :
- tidak ada fasilitas backup
- support system yangkurang
- Disk space/bandwidth rata-rata terbatas
- Seringnya kurang bisa diandalkan
- Ada aturan yang lebih banyak, jadi kurang bebas
- Sering dapet forced ads, jadi kenyamanan agak berkurang
- kebanyakan Low teknologi
- tanggung jawab pemilik lemah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar